Fakulti Tarbiah Islamiah

15th Shawwal, 1440 A.H.
  1. JURUSAN TARBIYAH ISLAMIAH
  2. PENDAHULUAN

Fakulti Tarbiyah Islamiah merupakan satu di antara 4 (empat) fakulti yang ada di lingkungan Jamiah Islam Syeikh Daud Al-Fathani (JISDA) Yala, yang dilahirkan pada tahun 1993. Saat itu tuntutan dan harapan masyarakat terhadap adanya sebuah fakulti tarbiyah yang menghasilkan pendidik yang sangat besar. Maka dalam rangka menyahuti harapan masyarakat tersebut JISDA membuka Fakulti Tarbiyah dengan 1 (satu) program studi yakni Program studi Pendidikan Islam (PI). Perkembangan Fakulti Tarbiyah terutama program pendidikan islam pada tahap selanjutnya semakin pesat, yang ternyata minat masyarakat untuk masuk ke program studi tersebut sangat besar, hal itu terlihat dari jumlah pendaftar mahasiswa baru yang cukup meningkat. Maka jumlah peminat mahasiswa baru pada Fakulti Tarbiyah Islamiah semakin meningkat bukan hanya calon mahasiswa yang berasal dari daerah kota Yala sahaja akan tetapi dari seluruh daerah dalam tiga wilayah selantan Thai bahkan ada yang berasal dari luar wilayah selatan. Seiring dengan perkembangan dan tuntutan masyarakat global, Fakulti Tarbiyah Islamiah terus menerus melakukan inovasi dan pengembangan Tri Dharma (kode etik) Perguruan Tinggi dan mampu memberikan pembinaan dan pelayanan kepada insan akademik secara professional dan merupakan sebuah Fakulti  yang kini telah mengembangkan sayapnya menjadi sebuah Fakulti yang lebih mengedepankan sikap dalam semua aspek kebijakan pendidikan yang aktual sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan pasar global. Fakulti Tarbiyah Islamiah yang kini berada dibawah naungan lembaga perguruan tinggi JISDA harus dapat menerapkan seluruh prospek kinerja dalam perencanaan dan pengembangan mutu akademik sehingga output yang dihasilkan dapat diterima oleh konsumen dalam memberdayakan potensi manusia yang handal, inovatif, kreatif dan berdaya guna. Terlebih lagi untuk kawasan daerah tiga wilayah selatan Thai dan wilayah sekitarnya, ia adalah satu-satunya Lembaga Pendidikan yang mendidik tenaga pendidik yang terdapat di Fakulti Tarbiyah JISDA sehingga menjadi sebuah tantangan besar dalam menghadapi tuntutan kebutuhan akan para pendidik dewasa ini. Saat ini Fakulti Tarbiyah memiliki satu program studi, yaitu program studi Pendidikan Islam (PI), dan insyaallah pada masa yang dekat ini akan buka satu program studi lagi, yaitu program studi pendidikan bahasa melayu (PBM).  

  1. VISI :


Visi Fakulti Tarbiyah adalah menjadi Fakulti yang unggul dan terkemuka dalam menyiapkan tenaga kependidikan yang dijiwai nilai-nilai Islam serta dalam peningkatan dan pengembangan pendidikan keislaman dan keilmuan yang sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat regional, nasional dan internasional.

 

  1. MISI :
  2. Meningkatkan kemampuan sumberdaya manusia (SDM) (Dosen, Pegawai dan Pimpinan)
  3. Mewujudkan quality managemen dalam pelaksanaan kerja.
  4. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu-ilmu kependidikan Islam.
  5. Meningkatkan fungsi Fakulti Tarbiyah sebagai Lembaga Pendidikan TenagaKependidikan Islam (LPTKI) di lingkungan JISDA.
  6. Menjadi Fakulti Tarbiyah sebagai lembaga penjamin mutu pendidikan Islam.
  7. Membina dan mengembangkan sikap dan keperibadian mahasiswa yang akhlakul karimah.
  8. Mengadakan kerjasama dengan instansi terkait baik pemerintah maupun swasta, nasional maupun internasional.

 

  1. TUJUAN :
  2. Menghasilkan sarjana muslim yang berakhlak mulia.
  3. Menghasilkan tenaga pendidik yang menguasai pengetahuan islam serta cabang-cabang pengetahuan dalam bidang kependidikan islam dan keguruan.
  4. Menyiapkan tenaga peneliti dan penulis dalam bidang pendidikan islam.
  5. Menciptakan model pendidikan Islam yang relevan dengan kebutuhan dan perkembangan masyarakat.
  6. Menyelenggarakan inservice training bagi pendidik, tenaga kependidikan dan bekerjasama dengan pihak terkait.
  7. Menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing yang tinggi.
  8. FUNGSI :


Fakulti Tarbiyah mempunyai fungsi sebagai :

  1. Pelaksana dan pengembang pendidikan dan pengajaran dalam bidang ketarbiyahan.
  2. Pembina tenaga-tenaga yang ahli dalam Pendidikan Agama dan bahasa arab serta kependidikan Islam.
  3. Melaksanakan penelitian dalam bidang pendidikan agama, kependidikan, bahasa arab, bahasa inggris, dan statistic pendidikan, menganalisis masalah-masalah pendidikan agama dan bahasa arab serta keguruan yang berkembang untuk mencari pemecahannya masing-masing sesuai dengan perkembangan iptek.
  4. Melakukan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ketarbiyahan.

This post is also available in: Arabic

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>